Adverstising


MAKALAH
KEBERSIHAN LINGKUNGAN






DISUSU OLEH
Nama           :      ........................
Kelas            :      XI IPA 1
No. Absen    :      15









SMA NEGERI 1 PETANAHAN
KEBUMEN
2018


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan makhluk yang serba indah. Dengan rahmat dahidayah-Nya saya dapat menyusun makalah ini, yang semoga dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar bagi seluruh masyarakat.

Makalah ini saya susun dengan tema “Kebersihan Lingkungan Sekolah ”, yang merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam proses pembentukan kehidupan manusia yang sehat.

Kebersihan lingkungan terbentuk dari unsur kata, yaitu bersih dan lingkungan bersih yaitu bebas dari segala macam kotoran, polusi dan bibit penyakit. Sedangkan lingkungan yaitu tempat hidup masyarakat. Dengna demikian dapat disimpulkan bahwa kebersihan lingkungan yaitu tempat hidup masyarakat jauh dari kotoran, polusi, dan bibit penyakit.

Sudah sewajarnya, jika dalam makalah ini terdapat kesalahan, baik itu kesalahan bahasa, penulisan dan penyajian. Oleh karena itu kami sebagai penyusun memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pembaca. Dan kami sangat mengharapkan saran dan kritik para pembaca dalam menyempurnakan makalah ini.

Penyusun

....................




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .......................................................................................       i
KATA PENGANTAR ....................................................................................      ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................     iii
BAB I. PENDAHULUAN ..............................................................................      1
A.      Latar Belakang Lingkungan Sekolah Kita ..................................................      1
B.       Tujuan Pembahasan Tentang Keadaan Lingkungan yang Kotor ................      1
C.       Akibat Lingkungan Sekolah yang Kotor ....................................................      2

BAB II. ISI / PEMBAHASAN ........................................................................      4
A.      Pengertian Lingkungan Sekolah .................................................................      4
B.       Penyebab Lingkungan Sekolah yang Kotor ................................................      4
C.       Akibat Lingkungan Sekolah yang Kotor ....................................................      5
D.      Cara Membersihkan Lingkungan Sekolah ..................................................      5
E.       Peran Siswa terhadap Lingkungan Sekolah ................................................      5

BAB III. PENUTUP ........................................................................................      6
A.      Kesimpulan .................................................................................................      6
B.       Saran ...........................................................................................................      6

DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................      7




BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Lingkungan Sekolah Kita
Seringkali kita mendengar slogan-slogan di berbagai tempat terutama di sekoloah, yang isinya mengajak kita untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Akan tetapi slogan tadi tidak kita pedulikan, slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan belaka tanpa ada isinya, padahal isi dari sebuah slogan sangat penting bagi kita. Banyak slogan yang mengajak kita untuk menjaga kebersihan, tapi apa kenyataannya? Siswa masih membuang sampah sembarangan, selain ini siswa juga merobek-robek kertas dalam kelas dan bila memakan jajan di tempat A bungkusnya dibuangnya juga di tempat A, padahal di tempat-tempat tersebut telah disediakan tempat sampah.

Tentu kita tidak mau sekolah kita menjadi kotor, kumuh dan penuh dengan sampah. Disamping itu sampah yang kita buang sembarangan tadi juga dapat mencemari lingkungan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan juga dapat  menyebabkan suasana belajar kita tidak nyaman.

B.       Tujuan Pembahasan Tentang Keadaan Lingkungan yang Kotor
Pada topik kali ini, saya  ingin membangun peran penting dalam menciptakan lingkungan sehat. Karena, bila lingkungan sehat maka semua mahkluk hidup yang ada disekeliling kita akan dapat  bernafas dengan baik. Terutama kita sebagai siswa dapat menerima  materi pembelajaran dengan baik. Karena bila  ruangan kelas bersih, pastilah  udara akan sejuk. oleh karena itu otak dapat menjalankan fungsi dan kegunaannya dengan sempurna. Otak dapat bekerja dengan cepat. Jika lingkungan sehat dan bersih, otak dapat bekerja melebihi dari benda cepat apapun yang pernah ada. Karena otak memiliki berjuta – juta rangsangan yang meliputi dan melindungi otak agar otak dapat bekerja dengan maksimal.

Setidaknya, dengan menjaga kebersihan, kita juga telah melestarikan dan menjaga maupun menghargai bakat kita dalam Iptek. Karena orang sukses pasti berasal dari lingkungan yang sehat dan bersih. Sehingga ia dapat berfokus pada pembelajaran yang ia terima.
C.      Akibat Lingkungan Sekolah yang Kotor
Permasalahan mengenai sampah merupakan hal yang sangat membutuhan perhatian khusus karena sampah menjadi persoalan nasional. Kegagalan dalam pengelolaan sampah berimbas pada menurunnya kualitas kesehatan warga masyarakat, merusak estetika sekolah.

Bahkan menurut ahli kesehatan, polusi sampah.mengakibatkan dampak buruk yaitu pertama, terhadap kesehatan. Hal ini bisa mengakibatkan meningkatnya penyakit infeksi saluran pencernaan, kolera, tifus, disentri, dll karena faktor pembawa penyakit tersebut, terutama lalat, kecoa, meningkat akibat sampah yang menggunung, khususnya meningkatnya penyakit di TPA, demam berdarah, dsb

Pembuangan sampah yang selama ini banyak dilakukan adalah dengan ditumpuknya dipinggir jalan, sehingga dapat mengganggu lancarnya arus transportasi, demikian juga dengan lingkungan sekolah kita yang kadang-kadang kita semua tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah baik didalam maupun diluar.

Apalagi kalau ada sampahsampah plastik yang tidak bisa diuraikan oleh tanah, akan mengakibatkan menumpuknya sampah dan limbah. Disaat musim hujan tiba, saluran tidak bisa menahan air yang deras dan akhirnya terjadilah pengikisan tanah atau teras dan sangat tidak sanggup menahan tekanan air tadi dan lalu mencari daratan baru, yang akhirnya meluap kepermukaan dan akan menyebabkan banjir.

Begitupun dampak dari sampah yang dibakar, mungkin pembakaran sampah di pekarangan rumah lebih praktis, tapi dalam jangka waktu yang panjang cara seperti ini sebenarnya merugikan individu yang bersangkutan, komunitas, dan lingkungan secara keseluruhan. Polusi yang kelihatannya sedikit ini lamalama menjadi bukit, karena polusi ini perlahanlahan akan membuat sebagian orang yang seharusnya hidup sehat menjadi sakit, antara lain sakit gangguan pernafasan.




BAB II
ISI / PEMBAHASAN

Ada beberapa permasalahan penting yang harus kita bahas dalam  makalah ini, diantaranya adalah :
A.      Pengertian Lingkungan Sekolah
Lingkungan Sekolah adalah wilayah kerja dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar baik yang sifatnya formal maupun nonformal, sehingga kita sebagai siswa dan siswi berkewajiban untuk menjaganya.

Dalam setiap aspek dan perilaku siswa tentunya tampak dari kebiasaan nya setiap hari. Demikianlah dengan lingkungan  kelas bahkan lingkungan sekolah sekalipun. Bila lingkungan sekolah maupun lingkungan kelas termasuk ruangan kelas  bersih dan ditata sebaik – baiknya, maka motivasi belajar yang timbulpun akan mengajak  sahabat – sahabat untuk semangat dalam mengikuti pembelajaran.

B.       Penyebab Lingkungan Sekolah yang Kotor
Penyebab dari lingkungan sekolah salah satunya adalah dapat menimbulkan penyakit, suasana belajar mengajar tidak nyaman, serta obyek kegiatan ekstra sekolah seperti Pramuka, PMR, Olahraga tidak akan berjalan dengan baik.

Kita tahu, bahwa  kebersihan lingkungan sekolah juga  berdampak dan berpengaruh besar bagi siswa terlebih lagi bagi sekolah itu sendiri. Karena semua orang pasti menyelidiki situasi maupun keadaan sekolah sebelum menjadi siswa disekolah tersebut. Jadi, untuk menjaga nama baik sekolah, setiap penggerak – penggeraknya harus menjaga kebersihan dan kenyamanan di sekolah serta keamanan disekolah. Terlebih dahulu bagi para siswa / siswi di MTs Miftahul Ihsan Cilograng.
C.      Akibat Lingkungan Sekolah yang Kotor
Dalam setiap aspek, perilaku   suatu individu mempengaruhi karakter masa depannya.  Dengan demikian,  sekolah dinilai oleh masyarakat setempat dengan melihat berbagai macam karakteristik seseorang siswa maupun sekelompok orang siswa di MTs Miftahul Ihsan Cilograng. Inilah yang disebut dengan cermin kepribadian. Yaitu memperlihatkan karakteristik seorang siswa di MTs Miftahul Ihsan Cilograng.

D.      Cara Membersihkan Lingkungan Sekolah
Perlu kita tahu bahwa lingkungan bersih atau tidaknya berdampak besar bagi  otak manusia. Karena oksigen berupa O2 yang dihirup melalui paru – paru sebagian besar  berfungsi untuk memperlancar peredaran darah melalui saraf otak manusia. Hal inilah yang selalu dikhawatirkan oleh manusia. Sehingga mereka dapat menjaga kebersihan lingkungan disekitarya.

E.       Peran Siswa terhadap Lingkungan Sekolah
Penanaman pohon kembali atau yang paling identik dengan  penghijauan dapat mempengaruhi besarnya jumlah oksigen yang dapat dihirup oleh manusia. Bila dilingkungan sekolah ditanami pohon – pohon rindang, maka di tempat itu pasti banyak terdapat oksigen yang bersih dan segar. Dan pohon – pohonan juga dapat mengurangi polusi dan sinar matahari secara langsung.




BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Lingkungan merupakan salah satu tempat atau wahana untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, karena dapat menumbuhkan minat dan merangsang mereka untuk berbuat dan membuktikannya. Hal ini sangat baik dan cocok dilakukan dalam mata pelajaran biologi, karena pemahaman para siswa tentang biologi adalah ilmu hafalan dan tidak bermanfaat bagi kehidupan dan juga akibat dari pengalaman belajar yang bersifat verbalistis dan tidak pernah diajak belajar keluar kelas sedangkan dalam ilmu biologi harus sesuai dengan apa yang ada dalam alam ini karena, biologi didalam Sekolah Menengah Atas merupakan Mata pelajaran sains dimana siswanya dituntut untuk dapat memahami konsep biologi dan mengembangkan daya nalar untuk memecahkan masalah yang dihadapi sehari-hari.

B.       Saran
Agar penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar berhasil dengan baik, perlu dilakukan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Dalam langkah- langkah tersebut, guru dan siswa terlibat aktif sehingga kegiatan pemanfaatan lingkungan tersebut menjadi tanggung jawab bersama.

0 komentar:

Posting Komentar

 
KUNJENG GROUP PACIFIST © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top